cara membuat nasi tumpeng

5 Tahapan Memasak Nasi Tumpeng Secara Baik dan Benar

Nasi box dan Tumpeng yang enak dibuat dari beras yang pulen. Beras yang pulen membuat tumpeng lebih kompak. Bicara soal kompak, banyak orang membuat tumpeng dengan tambahan sedikit ketan. Itu pun bolehboleh saja.

Pada umumnya nasi tumpeng sering dihidangkan untuk berbagai macam acara salah satunya adalah untuk acara selamatan dan bisa dipesan di catering kantor Jakarta.

Pilih ketan yang butirannya panjang. Baik beras maupun ketan harus dicuci bersih sampai air cuciannya bening supaya tumpeng bisa bertahan lama mengingat tumpeng tak pernah dimakan langsung selagi baru jadi,

berikut dibawah ini adalah 5 tahapan memasak nasi tumpeng secara baik dan benar untuk para pemula:

5 Tahapan Memasak Nasi Tumpeng Secara Baik dan Benar

 

MENGUNINGKAN BERAS

Tumpeng ada yang kuning ada pula yang putih. Yang kuning dibuat dengan tambahan kunyit. Kunyit bisa diparut halus lantas direbus bersama santan. Setelah itu disaring. Cara lain, beras direndam di dalam air yang sudah dibubuhi air kunyit (parutan kunyit, diperas).

MEMBUAT SANTAN

Santan untuk tumpeng tidak harus kental sekali. Sedang-sedang saja. Ingat nasi tumpeng akan disantap bersama berbagai lauk sehingga kalau terlalu kental dan gurih rasanya, akan terlalu neg rasanya.

Kalau suka tumpeng yang sedikit manis, coba peras kelapa bersama air kelapa, bukan air biasa. Santan sebaiknya direbus dahulu supaya lebih awet dan tahan lama.

MEMASAK BERAS

Beras atau beras bersama ketan yang sudah dikukus, bisa direbus dahulu di dalam santan sambil diaduk hingga santan mengering.

Agar lebih harum, pengaronan bisa dilakukan dengan menambahkan daun salam, serai, cengkeh, dan pandan. Perbandingan santan dan beras tergantung dari karakter berasnya. Ada beras yang harus ditambah air banyak, ada yang sedikit.

Gunakan beras yang Anda kenal. Umumnya jumlah airyang digunakan adalah 1 1/2 kali beras. Sekarang setelah ada rice cooker, kita bisa membuat nasi kuning di dalam rice cooker.

Dalam hal ini Anda tinggal mencampur  beras/beras dan ketan, santan, dan bumbu dedaunan tadi di dalam rice cooker.

Biarkan matang. Kadang kalau membuat dalam jumlah banyak, nasi tidak bisa matang sempurna.

Untuk mematangkannya, Anda bisa mengukusnya kembali 5-10 menit. Perebusan/pengaronan bisa ditambahkan sedikit garam. Tetapi rasa tumpeng tidak boleh terlalu asin.

Rasa asinnya sama saja karena akan disantap bersama berbagai lauk. MENGUKUS NASI Kalau tidak menggunakan rice cooker, beras yang sudah diaron tadi, harus dikukus. Pengukusan harus cukup lama dan tanak.

Jangan kurang dari 45 menit. Setelah matang, angkat nasi dan tempatkan dalam wadah agak besar. Bubuhi air jeruk nipis agar tumpeng mengkilat. Aduk sambil dikipasi sampai uapnya hilang.

MENCETAK NASI

Mencetak nasi tumpeng harus di saat yang tepat. Kalau masih terlalu panas, tumpeng akan basah atau mengembun. Karena itu penting mengipasinya sampai uapnya hilang. Alasi loyang tumpeng dengan daun pisang lalu masukkan nasi ke dalamnya.

Cara memasukkannya merupakan bagian tersulit dalam pembuatan tumpeng. Nasi harus agak ditekan agar kompak, tetapi tidak boleh terlalu padat agar tumpeng yang sudah dibuat dari nasi yang pas kelembekannya, malah jadi mengeras.

Biarkan nasi di dalam cetakannya agar terbentuk sempurna, tidak ada yang retak, apalagi pecah.

MENATA TUMPENG

Tumpeng ditata di dalam tampah yang sudah dialasi daun. Alasi tampah dengan lipatan daun pisang yang cantik. Balikkan tumpeng di atas daun. Loyang tak perlu diangkat agar nasi tidak pecah atau kering.

Lauk-pauk teman makan tumpeng sebaiknya diletakkan di dalam wadah wadah dari daun supaya tidak saling menyatu dan tidak mengotori tumpeng, terutama lauk yang sedikit berkuah seperti sambal goreng hati. Sebaiknya wadah-wadah tadi tidak menggunakan stepler, tetapi tusuk gigi agar aman.

Wadah juga harus dibuat cukup tebal agar isi tidak bocor. Setelah selesai dihias, loyang tumpeng bisa diangkat atau dilepaskan. Buat pembungkus puncak tumpeng. Lalu tutup tumpeng dengan plastik lebar. Itulah fungsi pembungkus puncak tumpeng agar tidak patah ketika dibungkus plastik.

Karena bagian puncak ini sangat penting dalam ceremonial. Kalau lauk tidak cukup tempatnya, pisahkan saja di pinggan atau buat dalam wadah daunnya. Ketika habis, tinggal mengganti dengan wadah baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *