Mengapa Tak Mau Minta Maaf? Bag3

KAPAN PERLU MINTA MAAF? Kadang justru si prasekolah terlalu mudah mengucapkan maaf, tanpa memahami perlu tidaknya ia melakukan. Namun, ketika berada dalam situasi yang memang mengharuskan berkata maaf (misalnya, ia melakukan suatu kesalahan), anak justru enggan minta maaf, seperti yang terjadi pada Kiara.

“ Info lengkap mengenai program beasiswa kuliah di Jerman gratis untuk S2 dan S3 “

Menjawab hal ini, Intan menjelaskan anak terkadang enggan meminta maaf, karena berbagai penyebab. Salah satunya, karena pola pikirnya masih bersifat egosentris. Akibatnya, anak sulit memahami sudut pandang orang lain. Anak juga masih dalam proses mempelajari mana yang benar dan salah. Kadang ia bingung ketika diminta meminta maaf atas hal yang bagi mereka bukanlah kesalahan.

Contoh, di sebuah tempat umum, ada seorang anak bernama Didi yang melihat mainan yang sedang dipegang oleh anak lain. Anak yang sedang memegang mainan menjadi menangis, karena merasa terganggu. “Dalam kasus ini, Didi menolak ketika diminta meminta maaf oleh orangtuanya karena ia bingung. Ia tidak memahami bahwa melihat barang milik orang lain dalam jarak yang sangat dekat dapat membuat orang lain merasa terganggu,” jelas Intan.

Seorang anak juga dapat menjadi enggan meminta maaf, karena baginya meminta maaf adalah sebuah hukuman, atau sebuah tanda bahwa ia adalah pihak yang disalahkan. Oleh karena itu, sa ngat penting bagi orangtua untuk membujuk anak dengan nada bicara serta kalimat yang baik, tidak dengan nada menyalahkan. Jika anak belum bersedia minta maaf setelah dibujuk, sebaiknya tidak terus didesak atau terlalu dipaksakan.

Beri contoh pada anak kalimat untuk meminta maaf, tunjukan empati kita atas apa yang anak rasakan, dan ajak ia melihat serta berpikir mengenai akibat dari perbuat annya. Setelah anak sudah tampak lebih tenang dan memahami, kita dapat membujuk anak meminta maaf kembali, atau melakukan sesuatu untuk menunjukkan penyesalan dan tanggung jawab. Permintaan maaf dalam bentuk kata-kata yang disertai dengan sikap menyesal dan tanggung jawab adalah hal yang ideal. Meskipun demikian, terkadang sulit bagi anak untuk melakukan keduanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *