Performa Mantap, Namun Tetap Hening ala FIN888

Performa Mantap, Namun Tetap Hening ala FIN888 – Hal yang langsung terlihat dengan je las saat memegang graphics card ter- – baru dari ASUS untuk kelas High-End ini adalah bahwa graphics card ini hanya menggunakan heatpipe dengan ukuran 10mm sebagai pembuang panas. Hal ini tidak lazim digunakan sebelumnya, karena rata-rata produsen graphics card masih menggunakan heatpipe dengan ukuran lebih kecil. Jadi agak berbeda ketika dibandingkan dengan graphics card ASUS lainnya yang seri non STRIX. Seri STRIX lebih dicondongkan untuk mengejar performa namun tidak mengurangi tingkat keheningan yang banyak didambakan oleh para gamer.

Karena sejatinya seri STRIX adalah didesain untuk para gamer. Dampak dari strategi ASUS untuk mengurangi panas adalah mengurangi asupan listrik yang masuk. sehingga graphics card ini hanya menggunakan 1 buah power 8 pin. Berbeda dengan reference dari nVidia yang menggunakan 2 buah power 6 pin. Namun tidak seperti beberapa waktu lalu ketika sebuah graphics card yang di kurangi konektor powernya adalah seri “green” dan bukan ditujukan untuk di overclock. Ternyata graphics card dari ASUS ini hadir sudah dalam kondisi teroverclock. Feature yang diandalkan oleh graphics card seri STRIX ini adalah feature kipas dengan keheningan 0db. Dimana kipas akan berhenti berputar saat mencapai suhu tertentu.

Dan akan kembali berputar ketika suhu diatas 60 derajat. Ketika diuji, skor yang dihasilkan terbilang bagus. Bahkan di beberapa pengujian sanggup melampaui performa beberapa graphics card GTX970 yang menggunakan dua buah power 6 pin. Suhu maksimum ketika dilakukan benchmark adalah 69 derajat celcius. Sedangkan ketika diujian dengan melakukan overclocking dengan peningkatan sebesar 200MHz core clock dan meningkatkan 200Mhz memory clock, suhu maksimum yang dicapai hanya selisih 1 derajat lebih tinggi. Dengan melakukan overclock tersebut, benchmark 3D Mark FireStrike mengalami pengingkatan menjadi 10987. Bisa disimpulkan, bahwa meski hanya menggunakan 1 buah konektor power 8 pin, graphics card ini tetap mampu di overclock lebih tinggi lagi.

Sumber : net89.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *